WELCOME IN BATULICIN NEWS
1 2 3 4 5

Jumat, 16 April 2010

Home » » Lahan Warga Tercemar Akibat Penampungan Limbah PT.Silo Cebol !!!

Lahan Warga Tercemar Akibat Penampungan Limbah PT.Silo Cebol !!!

Kabar Batulicin - Sejumlah lahan pertanian dan perkebunan serta pemukiman warga Desa Buli Kabupaten Kotabaru, Propinsi Kalimantan Selatan. Tercemar akibat penampungan limbah milik PT.Sebuku Iron Leteric Ores, jebol akibat curah hujan yang tinggi. beberapa waktu lalu.

Lahan yang terendam limbah logam berat tersebut, lahan pertanian pangan, kebun karet, kebun lada serta tanaman hutan rakyat jenis sengon, yang luasnya sekitar puluhan hektar, kata salah Wa Amad yang mengaku sebagai warga setempat.

akibat kejadian jebolnya limbah logam berat milik PT SILO ini ada sekitar 55 kepala keluarga lebih yang tak bisa memanen hasil kebunnya, baik itu kebun lada maupun karet, mereka berharap agar pihak perusahaan segera untuk merealsaikan ganti rugi kerugian mereka, jelas warga lainnya.

Hal senada juga diutarakan kepala badan lingkungan hidup daerah, Muchlis Hamidi, bahwa pihaknya sudah mengambil sample air sungai, dan menyarankan agar pihak perusahaan agar segera merealisasikan kerugian masyarakat akibat rusaknya lahan perkebunan dan petanian milik mereka, katanya.

Terpisah, pemerhati lingkungan Iwan Satui menyesalkan jebolnya penampungan limbah logam berat milik PT.Silo ini, dan ia meminta agar pihak DPR Provinsi Kalimantan Selatan untuk memintai keterangan dari pihak perusahaan atas kejadian ini, da nantinya apabila ditemukan human error berarti harus ada yang bertanggung jawab secara hukum, tegasnya. (*)
Share this article :

Posting Komentar